Search This Blog

Friday 14 October 2016

Pemanasan Dalam Sepak Bola (statis dan dinamis)

Pemanasan Statis, Dinamis Dalam Sepak Bola

A.    Pengertian Pemanasan
Pemanasan adalah beberapa gerakan persiapan tubuh untuk melakukan kegiatan yang lebih berat dengan cara melakukan beberapa latihan sederhana sebelum melakukan gerakan inti yang lebih berat. Pemanasan juga diartikan sebagai gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi jantung secara berlahan, sehingga tersedia cukup waktu untuk mengisi otot yang bekerja dengan darah yang kaya akan oksigen.
Pemanasan merupakan salah satu bentuk persiapan emosional, fisiologis, dan psikologis untuk melakukan berbagai macam latihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanasan adalah kegiatan persiapan tubuh untuk meningkatkan frekuensi jantung dan penguluran otot yang bertujuan mempersiapkan emosional, fisiologis, dan fisiologis untuk melakukan berbagai macam latihan.
B.     Pemanasan dalam Sepak Bola
 Pemanasan Dalam Sepak Bola (statis dan dinamis)
Pemanasan yang baik merupakan hal fundamental dalam memastikan sesi latihan yang produktif. Pemanasan yang aktif membantu mempersiapkan fisik pemain dengan meningkatkan detak jantung secara bertahap, dan memastikan mental pemain terfokus pada sesi latihan yang akan diikuti. (Charles, tony dan Stuart rook. 2012:2)
Bentuk-bentuk dari pemanasan sebenarnya sangatlah banyak. Hal itu dikarenakan pemanasan harus disesuaikan dengan cabang olahraga atau aktivitas fisik yang akan dilakukan. Namun dari berbagai macam bentuk pemanasan, dapat digolongkan menjadi 5, diantaranya:  berlari-lari kecil/ joging,  pemanasan statis, dinamis, statis dinamis dan permainan.
Pemanasan dalam sepak bola dibagi menjadi 2, yakni:
a.       Pemanasan Statis
b.      Pemanasan Dinamis, dibagi menjadi 2, yakni:
a)      Pemanasan Dinamis dengan Bola
b)      Pemanasan Dinamis tanpa Bola

1.      Pemanasan Statis
Pemanasan statis merupakan pemanasan dengan bentuk peregangan yang dilakukan mulai dari bagian tubuh atas menuju kebawah ( dari kepala sampai kaki ) atau sebaliknya. Pemanasan berbentuk statis ini bertujuan untuk menyiapkan otot untuk melakukan kerja yang lebih berat agar tidak terjadi kram atau cedera otot yang lainnya. Pemanasan statis ini harus dilakukan dengan benar agar otot benar-benar terulur sempurna dan untuk menghindari cedera yang disebabkan karena penguluran otot yang tidak sesuai dengan anatomi tubuh yang semestinya.Dalam sepak bola pemanasan statis dilakukan pada awal latihan atau setelah melakukan jogging. Pemanasan statis dalam tubuh manusia dibagi menjadi 3 bagian, yakni:
a.       Pemanasan statis daerah atas(kepala)
Dilakukan gerakan peregangan otot di daerah atas, berikut adalah deskripsi gerakannnya:
·         Kepala tekuk atas
·         Kepala tekuk bawah
·         Kepala patahkan samping
·         Kepala tengokkan samping

b.      Pemanasan statis daerah tengah(badan)
Dilakukan gerakan peregangan otot di daerah tengah, berikut adalah deskripsi  gerakannnya:
·         Pergelangan tangan tekuk atas
·         Pergelangan tangan tekuk bawah
·         Tangan tekuk samping
·         Tangan tekuk belakang
·         Dua tangan lurus ke atas diikuti ujung kaki jinjit
·         Dua tangan lurus ke samping diikuti kaki buka selebar bahu
·         Dua tangan lurus ke depan diikuti kaki buka selebar bahu
·         Dua tangan lurus ke bawah diikuti kaki dirapatkan
·         Dua tangan lurus ke belakang diikuti kaki dirapatkan

c.       Pemanasan statis daerah bawah(kaki)
Dilakukan gerakan peregangan otot di daerah tengah, berikut adalah deskripsi gerakannnya:
·         Kaki tekuk depan
·         Kaki tekuk samping
·         Kaki tekuk belakang
·         Kaki lurus depan
·         Kaki lurus samping
·         Kaki lurus belakang
·         Kuda-kuda tengah
·         Kuda-kuda tengah badan tekuk menyamping
·         Hadap samping, salah satu kaki dibuat tumpuan disamping dan kaki yang lain ada dibelakang
·         Kuda-kuda samping

2.      Pemanasan Dinamis
Pemanasan dinamis merupakan pemanasan yang dilakukan dengan menggunakan gerakan yang saling berkesinambungan atau saling berkaitan. Biasanya dilakukan setelah melakukan pemanasan statis. Contoh gerakan pemanasan dinamis yaitu gerakan menengokkan kepala keatas dan kebawah, gerakan menekuk pendek-pendek panjang-panjang pada tangan atau gerakang kombinasi ( bongkok jongkok bongkok tegak). Pemanasan bentuk ini dimaksudkan untuk melemaskan otot- otot yang kaku.
Dalam sepak bola pemanasan dinamis dilakukan setelah melakukan pemanasan statis. Biasanya dilakukan dalam bentuk permainan yang bertujuan untuk menuntut tubuh aktif dalam bergerak. Disamping itu, dalam melakukan pergerakan biasanya otak dituntut juga ubtuk berfikir. Jadi dalam melakukan pergerakan dibarengi dengan kegiatan berfikir. Pemanasan dinamis dalam sepak bola dibagi menjadi dua:
a.       Pemanasan dinamis tanpa bola
Pemanasan dinamis tanpa bola dilakukan dengan melakukan pergerakan tubuh tanpa menggiring atau membawa bola. Berikut adalah beberapa contoh latihan pemanasan dinamis tanpa bola:
1.      Berlari lari kecil/jogging
Berlari-lari kecil/joging merupakan salah satu contoh bentuk pemanasan yang dapat dilakukan dalam semua bentuk olahraga maupun kegiatan fisik lainnya. Pemanasan dengan berlari-lari kecil sangat efektif karena hampir dari seluruh badan dapat bergerak sehingga otot-otot dibadan dapat terulur. Joging dapat dilakukan selama 5-10 menit atau dapat disesuaikan dengan aktivitas fisik yang akan dilakukan.

2.      Lampu lalu lintas
·      Pengaturan: buat lapangan berbentuk persegi ukuran 30 X 30 m dengan menggunakan cone.
·      Deskripsi: para pemain berlari di lapangan sambil mendengarkan intruksi. Setiap instruksi mengandung gerakan sederhana yang harus diikuti oleh pemain. Suara peluit satu kali yang menjadi penanda adanya intruksi.Contoh intruksi:
§  Hijau : berlari cepat, bebas ke segala arah di dalam lapangan.
§  Kuning: jogging
§  Merah : berlari di tempat
§  Berbalik : berlari mundur
§  Samping : berlari menyamping
·      Point latihan: dorong pemain untuk banyak bergerak dan tidak saling bertabrakan dengan yang lain. Selain itu ada kemampuan untuk mendengarkan.
·      Kemajuan: instruksi ditambah dan ditambahkan bola yang harus dioper didalam lapangan.


3.      Lindungi sang raja
·       Pengaturan: buat kelompok masing-masing 5 orang(1 raja, 3 pengawal, dan 1 pemberontak) untuk membentuk satu lingkaran(pemberontak tidak ikut membentuk lingkaran).
·       Deskripsi: raja harus memakai rompi, 3 pengawal harus melindungi raja. Raja dan pengawal membentuk lingkaran. Pemberontak berusaha untuk memegang sang raja. Tugas pengawal adalah melindungi sang raja dari pemberontak dengan berputar searah atau berlawanan arah jarum jam.
·       Point latihan: bergerak dengan cepat, saling berkomunikasi, dan saling bekerja sama.
·       Kemajuan: tambahkan pengawal untuk melindungi raja.

4.      Pemanasan piala dunia
·  Pengaturan: buat lapangan berbentuk persegi berukuran 30 X 30 dengan menggunakan cone dan namai setiap sudut dan sisinya dengan tim-tim besar juara piala dunia.(Brazil, Italia, Argentina, Prancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Uruguay, dan Belanda)
·  Deskripsi: para pemain jogging di tengah lapangan secara bebas. Ketika ada instruksi nama negara, maka pemain wajib berlari ke sisi atau sudut negara tersebut secepat mungkin.
·  Point latihan: dorong pemain untuk banyak bergerak.
·  Kemajuan: perintahkan pemain untuk berlari maju/ mundur, menyamping, atau melompat.

5.      Serigala dan petani
·      Pengaturan: buat lapangan berbentuk persegi berukuran 30 X 30 m dengan menggunakan cone. Buat kelompok masing-masing 5 orang(4 seigal dan 1 petani). Serigala harus mengambil rompi dan menaruhnya di belakang celana(seperti ekor).
·      Deskripsi: setelah ada peluit, petani mengejar serigala dari kelompok masing-masing. Serigala yang ekornya bisa ditarik oleh petani harus keluar dari permainan. Serigala terakhir adalah pemenangnya.
·      Point latihan: jangan samping bertabrakan dan keluar dari batas lapangan.
·      Kemajuan: serigala yang ekornya dapat ditarik harus berperan sebagai pembantu petani.

6.      Kucing menengadah dan menelungkup
·      Pengaturan: buat lapangan berbentuk persegi berukuran 30 X 30 m dengan menggunakan cone. Buatlah 2 kelompok yang sama besar. Intruksikan kelompok untuk menyebar cone dengan posisi menengadah dan menelungkup yang sama banyak.
·      Deskripsi: 2 kelompok ditugaskan untuk menengadah dan menelungkupkan cone dalam waktu tertentu. Kelompok yang mampu menengadah/ menelungkupkan cone yang paling banyak adalah pemenangnya.
·      Point latihan: mendorong pemain untuk memperhatikan cone, mengambil keputusan, dan saling berkoordinasi secara cepat dan tepat.
·      Kemajuan: kurangi jumlah cone dan waktu permainan sebagai aktivitas reaksi cepat.

b.      Pemanasan dinamis dengan bola
Pemanasan dinamis dengan bola dilakukan dengan melakukan pergerakan tubuh dengan menggiring atau membawa bola. Berikut adalah beberapa contoh latihan pemanasan dinamis dengan bola:
1.      Jogging dengan menggunakan bola
·      Pengaturan: buat kelompok maksimal 3 orang. Setiap kelompok diberi satu bola.
·      Deskripsi: berlari memutari lapangan dengan kelompoknya sambil menggiring dan mengoper bola ke anggota kelompok yang lain.
·      Point latihan: akurasi operan, komunikasi, dan kerja sama.
·      Kemajuan: beri waktu setiap kelompok dalam satu putaran lapangan.

2.      Bola tubuh
·      Pengaturan: buat lapangan berbentuk persegi berukuran 30 X 30 m dengan menggunakan cone. Para pemain berdiri secara acak didalam lapangan dan masing-masing membawa bola.
·      Deskripsi: para pemain mengiring bola dilapangan secara bebas. Ketika ada instruksi bagian tubuh, maka para pemain harus menghentikan bola dengan bagian tubuh tersebut.
·      Point latihan: jaga bola agar selalu dekat dengan kaki saat menggiring.
·      Kemajuan: tambahkan pemain untuk mengganggu driblle seorang pemain.

3. Cermin bayangan
·  Pengaturan: perintahkan para pemain untuk berpasangan dan beri satu bola untuk setiap pasangan.
·  Deskripsi: pemain pertama dalam suatu pasangan menggiring bola secara bebas, sedangkan pasangannya berada di belakangnya. Ketika ada suara peluit, pemain pertama melakukan pasiing bebas ke segala arah, sedangkan pasangannya mengejar bola tersebut dan menggiringnya diikuti oleh pemain pertama di belakangnya. Begitu seterusnya.
·  Point latihan: gerakan saat menggiring bola dan teknik operan.
·  Kemajuan: menggiring dan menggoper bola dengan menggunakan kaki yang lemah(kiri).

4.      Awas kucing
·      Pengaturan: buatlah kelompok yang beranggotakan 5 orang(1 kucing, 4 tikus). Beri satu bola dalam kelompok tersebut.
·      Deskripsi: 4 tikus membuat formasi persegi dengan menggunakan cone dan saling mengoper bola agar bola tidak dicuri oleh kucing.
·      Point latihan: mengasah ketepatan operan, saling berkomunikasi dan kerja sama.
·      Kemajuan: batasi sentuhan tikus pada bola.

5.      Mengambil cone
·      Pengaturan: buat lapangan dengan ukuran 20 X 30 m dengan menggunakan cone. Perintahkan pemain agar mencari pasangan. Beri satu bola pada setiap pasangan.
·      Deskripsi: setiap pasangan berada pada sisi lapangan yang berlawanan. Lakukan operan bola yang diikuti dengan berlari maju untuk mengambil cone. Pasangan pengambil cone terbanyak adalah pemenangnya.
·      Point latihan: akurasi operan, kerja sama, dan komunikasi.
·      Kemajuan: batasi dengan adanya waktu dalam pengambila cone atau batasi dengan banyaknya operan dalam mengambil cone.

Daftar Pustaka
Charles, tony dan Stuart rook. 2012. Sesi Latihan Sepak Bola untuk Pemain Muda. Jakarta: Indeks.
Koger, robert. 2007. Latihan Dasar Andal Sepak Bola Remaja. Yogyakarta:  Saka Mitra Kompetisi.

13 comments:

  1. Hallo pren...
    Mampir pagi ni...
    Kebetulan lagi cari2 artikel soal sepakbola, nemu blog ini.
    Blogpostnya bermanfaat.
    Semoga sudi mampir balik kesini ya bro...

    ReplyDelete
  2. PROMO NEW MEMBER 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan agen bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online terpercaya.

    Juga Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man guna beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  3. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit 10% Slot Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  5. Seiring berkembanganya permainan poker dan domino online, banyak bermunculan situs baru di Indonesia. Ini dikarenakan oleh semakin banyaknya peminat untuk bermain poker serta domino online. Pokervita menyediakan kedua game tersebut dengan menggunakan server terbaik di Indonesia PKV Games.

    Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Sangat Lengkap !
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online

    Mengetahui Cara Main Perang Baccarat Online PKV Games
    Link Alternatif Pokervita.fun Terbaru
    VPN Gratis Terbaik Untuk Poker Dan Dominoqq Pkv Games

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  6. MuseumAyam sabung ayam sv388 Terpercaya & Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Agen Togel
    Museumbola Slot IDN
    Sabung Ayam sv388
    Museum Bola
    Poker Online Pulsa
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Agen SV388
    Agen Taruhan Online
    Agen Casino Online

    ReplyDelete
  7. link slot deposit pulsa 5000 tanpa potongan ZEUSBOLA Agen Judi Online Deposit Pulsa 10rb Tanpa Potongan

    Situs Bandar Judi Online Terlengkap, Teraman & Terpercaya 2020
    Menerima Deposit Pulsa Tanpa Potongan, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, Jenius & All Bank Indonesia
    Nikmati Seluruh Kemudahan Bertransaksi Bersama Zeusbola

    == JUDI ONLINE DEPOSIT VIA PULSA TANPA POTONGAN DI ZEUSBOLA ==

    Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000,-
    Minimal Deposit Bank & E-Money : Rp.25.000,-

    Zeusbola Menyediakan 1 Akun Untuk Seluruh Taruhan Yang Tersedia Seperti : TARUHAN BOLA SBOBET UBOBET CMD | LIVE CASINO | SLOT PULSA | IDNPOKER | IDNLIVE

    == DAFTAR DISINI ==

    Hubungi Kami Melalui :

    CS Whatsapp I : (+62) 822 7710 4607
    CS Whatsapp II: (+62) 831 7602 1706
    Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
    Line : zeusbola
    Link Alternatif : https://zeus303.com/



    Cara Mudah Menang Slot Pulsa Online

    http://134.209.98.69/judi-slot-cq9-pulsa-10rb-tanpa-potongan/

    ReplyDelete
  8. Butuh prediksi Togel setiap hari?
    Atau
    Lagi mencari BO togel yang aman & terpecaya?

    Winning303 solusinya

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

    ReplyDelete
  9. AGEN SLOT ONLINE TERPERCAYA 2021 PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!
    TIDAK PERLU BINGUNG LAGI DENGAN POTONGAN PULSA!!
    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.2a5.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  10. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Situs Judi Poker Terbaik Dengan Deposit Pulsa

    Judi QQ Online Android Termodern Deposit Pakai Pulsa

    ReplyDelete
  11. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?

    Promo Bonus New Member Sexy Baccarat Pulsa Tanpa Potongan !!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    *Bonus Cashback 15% + Rollingan 0.8% Setiap Minggu
    *Freechips Extra Turn Over Poker Online

    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.

    Daftar Sexy Casino Pulsa Tanpa Potongan

    *PULSA TELKOMSEL
    *PULSA AXIS
    *PULSA XL
    Dengan Bank Indonesia Online 24JAM Siap Melayani Anda Kapan'pun
    Whatsapp : +6282277104607



    LINK ALTERNATIF ZEUSBOLA

    SILAKAN UNTUK DAFTAR GRATIS

    ReplyDelete
  12. 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA : +62812-1495-2061

    ReplyDelete
  13. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA
    Buruan Main dan Tingkatkan Level Anda
    BRONZE = 25RB
    SILVER = 400RB
    GOLD = 2JT
    DAN SETERUSNYA
    BURUAN DAFTAR....
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete